Seberapa Kuat Power Supply yang Anda Butuhkan? - Ruang Baca - Wahana Tutorial Psikologi, Musik, Biola, dan Teknologi

Kamis, 01 Juli 2021

Seberapa Kuat Power Supply yang Anda Butuhkan?

Jika Anda sedang membangun komputer, atau meningkatkan hardware di dalamnya, kemungkinan besar Anda harus memilih power supply. power supply adalah hardware yang mendistribusikan daya ke masing-masing komponen PC Anda sesuai kebutuhan. Anda dapat menganggapnya sebagai gardu listrik mini. Dibutuhkan listrik mentah dari kabel daya dan mendistribusikan daya itu secara merata di komputer Anda. Ini mencegah komponen mendapatkan terlalu banyak daya, atau tidak mendapatkan cukup daya. Masalahnya adalah, beberapa power supply mungkin hanya membuang-buang uang.

Setiap komputer menggunakan jumlah daya yang berbeda. Komputer rumah dan kantor umumnya menggunakan daya kurang dari 200 watt, sementara PC gaming kelas atas mungkin menggunakan lebih dari 500 watt. Dengan mudah, produsen power supply menawarkan power supply watt yang berbeda. Jika Anda tidak berencana menggunakan komputer Anda untuk hal-hal berat seperti bermain game, maka Anda akan baik-baik saja dengan power supply 250-300 watt. Jika Anda berencana melakukan tugas yang membutuhkan banyak daya seperti merender video dan bermain game, Anda mungkin memerlukan sesuatu yang lebih berat.

Orang-orang masih membayar terlalu banyak untuk power supply.

Saat ini, banyak orang hanya membeli power supply paling tinggi atau paling banyak diulas. Begitu banyak uang yang terbuang untuk membeli power supply yang tidak akan pernah mereka butuhkan! Lebih baik aman daripada menyesal, tetapi pada saat yang sama, menghabiskan lebih dari $150 dolar untuk power supply hanyalah pemborosan. Meskipun tidak mungkin untuk memiliki power supply 'terlalu kuat', sangat umum bagi orang untuk membeli power supply 800-1000 watt ketika PC mereka benar-benar membutuhkan 600. Ini tidak sepenuhnya sia-sia, karena jika Anda berencana untuk meningkatkan hardware apa pun di masa depan Anda sudah memiliki power supply yang mumpuni, tetapi sebagian besar orang yang membeli perlengkapan 'berkuasa' ini tidak akan mengupgrade pc dalam waktu dekat. Dan bahkan ketika Anda memutuskan untuk memutakhirkan, power supply yang masuk akal harus tetap dapat mendukung hardware baru apa pun yang Anda pasang.

Jadi berapa harga yang wajar untuk power supply?

Power supply paling mahal yang saya rekomendasikan adalah dalam kisaran $90-$120 dolar. Dalam kisaran harga ini, Anda harus bisa mendapatkan produk berkualitas, tetapi tidak ada gimmick yang tidak perlu seperti kipas RGB.

Ada banyak produsen power supply, tetapi hanya beberapa yang dapat Anda percayai. Jika Anda belum pernah mendengar tentang perusahaan sebelumnya, mungkin bukan ide yang bagus untuk membeli produk mereka (kecuali ini adalah pertama kalinya Anda membeli produk jenis ini. Dalam hal ini, baca terus karena perusahaan tepercaya akan terdaftar). Jika Anda memutuskan untuk pergi ke perusahaan yang tidak dikenal, Anda berisiko tinggi mendapatkan bagian yang rusak atau bahkan bagian yang berbahaya. Ada beberapa contoh pasokan listrik korslet, mati, dan bahkan meledak. Anda tidak ingin murah untuk sesuatu yang penting seperti power supply.

Power supply yang masuk akal harus berharga sekitar 100 dolar.


Merek power supply paling tepercaya

Merek power supply yang paling terpercaya adalah sebagai berikut:

  • Corsair
  • EVGA
  • SeaSonic
  • Cooler Master
  • Thermaltake

Corsair secara luas dianggap sebagai merek power supply paling tepercaya. Mereka dapat diandalkan dan efisien, dan harganya terjangkau.

Power supply EVGA dikenal dengan harganya yang mahal. Handal dan dibuat dengan baik, dan dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, power supply ini seringkali merupakan model lama.

Tidak ada yang istimewa dari power supply SeaSonic. Cukup harga dan efisien. SeaSonic dikenal dapat diandalkan.

Cooler Master juga menghasilkan power supply berkualitas, tetapi tidak banyak yang istimewa darinya. Namun, Cooler Master membuat banyak bagian lain, jadi Anda mungkin bisa mendapatkan power supply dengan harga murah di salah satu bundelnya.

Thermaltake membuat power supply berkualitas juga.

Cooler Master membuat power supply berkualitas.


Bagaimana saya tahu berapa banyak daya yang saya butuhkan?

Cara terbaik untuk menghitung berapa banyak daya yang Anda butuhkan adalah melalui Newegg atau PC Part Picker. Kedua situs akan memberi Anda perkiraan berapa banyak daya yang akan digunakan sistem Anda. Cukup pilih bagian yang Anda gunakan / rencanakan untuk digunakan dan situs akan menghasilkan perkiraan watt Anda. Newegg secara khusus memberikan saran tentang power supply watt apa yang harus Anda beli. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengingat apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan pada pc. Jika Anda tidak akan melakukan apa pun selain menjelajahi internet atau menyelesaikan tugas sekolah, maka Anda akan baik-baik saja dengan power supply watt yang disarankan. Jika Anda berencana untuk bermain game atau bahkan meng-overclock sistem Anda, pertimbangkan untuk menambahkan setidaknya 50 watt ekstra ke ekspektasi power supply Anda. Anda tidak ingin berada di tengah permainan yang intens dan power supply Anda meledak!

Kalkulator watt power supply Newegg.

Sumber:

https://www.techradar.com/news/best-pc-power-supply

https://www.newegg.com/tools/power-supply-calculator/

https://minitipsx.com/best-power-supply-brands/

Comments


EmoticonEmoticon