5 Tips Ajaib untuk Mengatasi Masalah Overheating di Smartphone Anda - Ruang Baca - Wahana Tutorial Psikologi, Musik, Biola, dan Teknologi

Jumat, 02 Juli 2021

5 Tips Ajaib untuk Mengatasi Masalah Overheating di Smartphone Anda

Sebagian besar dari kita pernah mengalami masalah panas berlebih atau overheating pada smartphone kita di beberapa titik.

Akan lebih memalukan ketika Anda keluar dengan teman-teman Anda dan Anda ingin mengambil foto selfie atau menunjukkan permainan favorit Anda kepada mereka.

Terkadang, smartphone menjadi terlalu panas saat duduk diam tanpa menyentuhnya. Saya yakin Anda pasti juga menghadapi masalah ini dengan smartphone Anda.

Perbaiki masalah overheating pada Smartphone Anda


Jadi, untuk mengatasi masalah umum panas berlebih pada smartphone Anda, saya memberikan panduan singkat untuk Anda.

Saya harap dalam artikel ini, Anda akan menemukan banyak tips yang efektif dan berhasil untuk mencegah smartphone Anda kepanasan:

1. Instal Hanya Aplikasi Esensial

Ini mungkin tampak jelas, tetapi beberapa orang mengabaikan ini di smartphone mereka. Anda hanya harus mengunduh dan menginstal aplikasi yang penting bagi Anda.

Ini mungkin termasuk aplikasi untuk komunikasi, manajemen dokumen, aplikasi perbankan, pemutar video pihak ketiga, dll.

Saat Anda menginstal terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu di smartphone Anda, memori internal ponsel Anda menjadi penuh. RAM membutuhkan sedikit ruang kosong agar semua aplikasi bekerja dengan lancar.

Jadi, ketika Anda menginstal terlalu banyak aplikasi, RAM menjadi sulit untuk mengelola semuanya, yang menyebabkan masalah perlambatan dan kemudian panas berlebih.

Simpan hanya aplikasi penting di smartphone Anda


Kiat Pro: 

Untuk menyelamatkan smartphone Anda dari panas berlebih, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan tidak lebih dari dua-tiga aplikasi sekaligus.

Terkadang, beralih antar aplikasi dan multitasking yang berat juga dapat menyebabkan panas berlebih.

2. Hindari Menggunakan Smartphone Anda di Bawah Sinar Matahari Langsung

Menggunakan smartphone Anda, terutama yang sudah agak tua, bisa cepat panas di bawah sinar matahari langsung.

Jika data seluler dihidupkan dan kemudian Anda menggunakannya di bawah sinar matahari langsung, itu dapat menyebabkan lebih banyak panas berlebih.

Jadi, bila memungkinkan, Anda harus menghindari sinar matahari langsung ke smartphone Anda, terutama untuk waktu yang lebih lama.

Salah satu solusi yang baik untuk ini adalah menggunakan smartphone Anda di bawah sinar matahari langsung untuk waktu yang lebih singkat. Dengan cara ini, Anda dapat menyelamatkannya dari kepanasan.

Sebagai tips tambahan, saya menyarankan Anda untuk tidak menggunakan smartphone Anda di luar ruangan dalam kecerahan yang sangat tinggi. Menggunakan smartphone Anda dalam pengaturan kecerahan tinggi terkadang dapat memicu daya CPU terlalu banyak.

3. Tinjau Aplikasi di Smartphone Anda

Terkadang, smartphone Anda terlalu panas karena aplikasi apa pun yang baru saja Anda instal.

Aplikasi mungkin memiliki beberapa bug atau malware yang memicu sensor dan komponen sensitif di smartphone Anda. Jadi, disarankan untuk meninjau semua aplikasi terbaru yang Anda instal dalam beberapa hari atau minggu terakhir.

Coba hapus instalannya satu per satu dan lihat apakah smartphone masih memanas.

Kiat Pro:

Anda juga harus meninjau aplikasi yang banyak menggunakan daya smartphone Anda. Ini mungkin termasuk game online yang berat, editor foto atau video, aplikasi dokumen, atau aplikasi besar lainnya.

Penggunaan berat aplikasi ini untuk durasi yang lebih lama dapat membuat ponsel Anda terlalu panas. Selanjutnya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan smartphone saat mengisi daya.

4. Matikan atau Letakkan Smartphone Anda dalam Mode Pesawat

Anda mungkin tidak dapat mematikan smartphone atau mengaktifkan mode pesawat di siang hari. Namun, Anda bisa melakukannya di malam hari saat Anda sedang tidur.

Sekarang, saya tahu Anda pasti berpikir bahwa smartphone adalah mesin, dan tidak perlu istirahat. Jadi, mengapa saya meminta untuk mematikannya? Nah, Anda benar.

Penting!

Smartphone Anda bukanlah makhluk hidup seperti kami. Tetapi jika Anda ingin mesin berjalan dengan potensi penuhnya, Anda harus mematikannya untuk beberapa waktu.

Saat Anda mematikan smartphone atau mode pesawat atau mematikan di malam hari, Anda mematikan setiap komponen atau aplikasi.

Dengan cara ini, smartphone Anda hanya akan menggunakan aplikasi dan layanan dasar di latar belakang.

5. Perbarui OS Smartphone Anda

Terkadang, bahkan setelah mengikuti banyak trik, smartphone Anda tidak menjadi dingin.

Dalam hal ini, mungkin ada beberapa bug atau masalah perangkat lunak di OS smartphone Anda. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa pembaruan sistem secara teratur pada smartphone Anda dan jika ada, Anda harus segera memperbaruinya.

Terkadang, pembuat ponsel pintar mencoba menyelesaikan masalah panas berlebih melalui pembaruan OTA (over-the-air).

Untuk memperbarui smartphone Anda, buka pengaturan, dan di bawah 'Tentang telepon' atau pengaturan lanjutan, Anda akan menemukan 'Pembaruan Sistem.'

Anda dapat memeriksa pembaruan dan jika tersedia, Anda dapat mengklik dan mengunduh pembaruan di smartphone Anda.

Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui

  • Seperti yang disebutkan sebelumnya, smartphone yang terlalu panas adalah masalah yang sangat umum. Hampir setiap orang menghadapi masalah ini sesekali.
  • Tetapi jika smartphone Anda menjadi terlalu panas tanpa melakukan apa pun atau dengan penggunaan normal, Anda harus memperbaikinya di pusat layanan resmi.
  • Pmartphone Anda mungkin terlalu panas karena masalah perangkat keras.
  • Anda juga harus memastikan bahwa ponsel Anda tidak memiliki baterai yang rusak atau tidak asli.
  • Gunakan hanya komponen dan aksesori tepercaya dengan smartphone Anda.

Bungkus

Memperbaiki panas berlebih pada smartphone Anda adalah sesuatu yang membutuhkan waktu.

Pastikan Anda merawat smartphone baik dari dalam (software) maupun dari luar (hardware). Keseimbangan sempurna antara keduanya akan membuat smartphone Anda berada pada suhu normal.

Dengan mengikuti tips dan hacks yang disebutkan di atas, saya yakin Anda akan meminimalkan atau memperbaiki masalah overheating smartphone Anda.

Beri tahu saya jika salah satu trik ini membantu mengatasi masalah panas berlebih atau meningkatkan masa pakai smartphone Anda secara keseluruhan. Terima kasih sudah membaca!

Comments


EmoticonEmoticon