Android 11 Akhirnya Hadir: 6 Fitur Teratas yang Harus Anda Banggakan! - Ruang Baca - Wahana Tutorial Psikologi, Musik, Biola, dan Teknologi

Jumat, 02 Juli 2021

Android 11 Akhirnya Hadir: 6 Fitur Teratas yang Harus Anda Banggakan!

Setelah mengembangkan dan menguji banyak fitur dan perubahan dalam rilis Beta, Google akhirnya meluncurkan Android 11 yang banyak ditunggu-tunggu.

Penerus Android 10, Android 11 menghadirkan banyak tweak dan perubahan baru dan besar untuk meningkatkan pengalaman ponsel cerdas Anda.

Sepintas, Anda mungkin tidak melihat perbedaan besar dari Android 10. Namun, ada beberapa perubahan besar yang harus Anda ketahui dan ingin Anda coba di ponsel cerdas Anda.

Jadi, mari kita bahas semua fitur penting dan minor yang dibawa Android 11 tanpa menunggu lebih lama.

Android 11


Android 11: 6 Fitur Teratas yang Harus Anda Ketahui

1. Notifikasi Percakapan

Salah satu perubahan terbesar yang terlihat di Android 11 adalah bagaimana pesan dan percakapan Anda ditangani di bilah notifikasi.

Dengan fitur baru ini, semua percakapan Anda dari aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Gmail, atau bahkan aplikasi Pesan akan berada di bawah bagian 'Percakapan' di notifikasi.

Melalui fitur ini, Anda akan melihat sekilas komunikasi Anda di satu tempat. Selanjutnya, Anda dapat membalasnya dengan balasan cerdas dalam satu klik.

Fitur notifikasi percakapan


Dengan fitur percakapan berkelompok baru ini di Android 11, Anda juga dapat memprioritaskan obrolan dan percakapan dengan orang yang sering Anda ajak ngobrol.

Ini mungkin termasuk anggota keluarga Anda, seperti ibu, ayah, sepupu jauh, atau klien Anda. Ini akan memberi Anda pengalaman yang lebih personal daripada sebelumnya.

Secara keseluruhan, Anda memiliki kontrol yang lebih baik dan lebih interaktif atas notifikasi Anda.

2. Fitur 'Gelembung'

Pernahkah Anda memperhatikan obrolan melingkar di aplikasi Facebook Messenger Anda? Yah, saya yakin Anda pernah melakukannya, dan sama seperti saya, Anda pasti menyukainya.

Ini adalah fitur yang cukup berguna dan memuaskan, terutama dengan semua suara luar biasa dari aplikasi. Sekarang, saya tidak tahu tentang suaranya, tetapi dengan Android 11, Anda akan melihat aplikasi favorit Anda dalam format 'Bubble' ini.

Fitur obrolan gelembung di Android 11


Fitur gelembung obrolan ini pertama kali terlihat di versi pratinjau dan beta Android 10, tetapi karena beberapa alasan, fitur tersebut tidak dapat mencapai rilis final. Tapi sekarang kami memilikinya dalam bentuk lengkap dengan Android 11.

Sekarang, hampir semua aplikasi obrolan Anda akan hadir dalam 'gelembung' yang dengannya Anda dapat dengan mudah mengejar dan membalasnya tanpa membuka aplikasi.

Mudah-mudahan, kita bisa melihat semua aplikasi perpesanan terkemuka datang dalam gelembung ini.

3. Perekaman Layar

Untuk waktu yang lama, pengguna Android stok telah menuntut perekam layar bawaan. Dan berkat Android 11, akhirnya ada di sini!

Tetapi semua pengguna Android non-stok sudah menikmati perekaman layar mereka sendiri. Dan ya, mereka pantas untuk pamer.

Bagaimanapun, kami melihat fitur ini pertama kali di pratinjau pengembang Android 11, namun, itu hanya setengah matang. Tidak ada pilihan untuk merekam suara baik dari mikrofon internal ponsel atau dari headphone.

Namun, ini tidak terjadi pada rilis final Android 11.

Fitur perekaman layar di Android 11


Opsi untuk mengaktifkan perekam layar ada di alat pengaturan cepat di bayangan pemberitahuan.

Ketuk saat Anda siap untuk merekam layar Anda, dan itu memberi Anda beberapa opsi seperti Anda menginginkan video dengan atau tanpa audio.

Anda dapat merekam layar ponsel cerdas Anda untuk mengajari nenek Anda cara memperbarui aplikasi, membagikan game yang Anda mainkan, atau merekam panggilan atau video orang yang Anda cintai.

4. Kontrol Perangkat dan Media

Selain fitur perekaman layar, Anda juga mendapatkan kontrol perangkat yang lebih baik dengan Android 11. Artinya, Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengontrol perangkat yang terhubung secara nirkabel ke ponsel cerdas Anda saat bepergian.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu menekan lama tombol daya, dan jendela baru akan terbuka dari mana Anda dapat memutuskan sambungan perangkat tertentu.

Dengan Android 11, kontrol media menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Anda dapat mencabut headphone dan mengalihkannya ke speaker atau TV hanya dengan sekali klik.

Secara keseluruhan, Anda akan mendapatkan manajemen kontrol media yang imersif dan super mudah dengan OS Android terbaru.

5. Fitur dan Pengaya Privasi dan Keamanan

Dengan setiap versi Android, Google telah mempertimbangkan dan menangani masalah yang terkait dengan privasi dan keamanan. Dan dengan Android 11, ini selangkah lebih maju.

Sekarang, aplikasi apa pun yang Anda gunakan di ponsel cerdas Anda harus meminta izin setiap kali Anda membukanya.

Google telah menghapus opsi bagi aplikasi untuk mengakses izin sensitif ponsel cerdas Anda, seperti mikrofon atau kamera sepanjang waktu.

Izin aplikasi dikontrol di Android 11


Adapun Google Play Store, Anda akan mendapatkan perbaikan privasi dan keamanan secara teratur, mirip dengan apa yang Anda gunakan saat memperbarui aplikasi Anda.

Sebaliknya, Anda hanya mendapatkan tiga jenis izin saat membuka aplikasi apa pun, 'hanya kali ini', 'saat menggunakan aplikasi', dan 'tolak'. Anda dapat memilih salah satu dari opsi ini sesuai pilihan Anda.

6. Fitur Android 11 Menarik Lainnya

Berikut adalah beberapa peningkatan dan tambahan kecil untuk Android 11:

  • Dengan OS Android baru, Anda akan menggunakan Android Auto secara nirkabel di mobil Anda melalui ponsel cerdas Anda.
  • Bahkan dalam mode pesawat, headphone atau alat bantu dengar Anda yang terhubung dengan Bluetooth tidak akan berhenti bekerja. Fitur ini tampaknya cukup berguna bagi orang dengan masalah pendengaran dan yang sering bepergian dengan pesawat.
  • Jika Anda telah menginstal pembaruan pada ponsel cerdas Anda setelah reboot, Android akan membuka aplikasi langsung dari tempat Anda memulai. Ini memastikan bahwa Anda tidak kehilangan pemberitahuan penting.
  • Jadwalkan mode gelap: Google pertama kali memperkenalkan mode gelap seluruh sistem dengan Android 10. Android 11 juga memberi Anda opsi untuk menjadwalkan mode gelap sesuai pilihan Anda.
  • Gambar-dalam-gambar: Gambar-dalam-gambar, juga dikenal sebagai singkatnya PIP, adalah fitur yang memungkinkan Anda melihat konten dari aplikasi apa pun di layar yang lebih kecil saat menggunakan aplikasi lain. Dengan Android 11 terbaru, Anda juga dapat menyesuaikan ukuran PIP yang Anda butuhkan.

Comments


EmoticonEmoticon