Poco X3 Diluncurkan dengan Snapdragon 732G - Ruang Baca - Wahana Tutorial Psikologi, Musik, Biola, dan Teknologi

Jumat, 02 Juli 2021

Poco X3 Diluncurkan dengan Snapdragon 732G

Hanya beberapa minggu setelah peluncuran global di Eropa, Poco telah meluncurkan smartphone terbarunya Poco X3.

Penerus salah satu mid-ranger paling populer di negara ini, Poco X2, smartphone membawa beberapa upgrade. Poco telah meluncurkan smartphone dalam acara virtual yang diadakan 22 September.

Poco X3 adalah smartphone pertama di dunia yang hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 732G. Muncul dengan layar 120Hz, seperti Poco X2, desain baru, kamera quad 64MP, dan baterai 6.000mAh yang sangat besar.

Mari kita bicara tentang spesifikasi dan fitur lengkap dari smartphone. Di bagian akhir artikel, saya akan membagikan pemikiran dan pendapat saya tentang smartphone dan juga melihat persaingan yang akan dihadapinya di pasar:

Poco X3: Fitur Utama

Mari kita mulai dengan fitur Poco X3 di bawah ini:

1. Tampilan dan Desain

Dimulai dengan tampilan, Poco X3 baru memiliki panel LCD Full HD+ IPS 6,67 inci yang sama dengan kecepatan refresh 120Hz dan HDR10 seperti Poco X2 dengan perlindungan Gorilla Glass 5.

Namun, Poco mengklaim bahwa smartphone sekarang memiliki tingkat sampling sentuh 240Hz yang memberikan waktu respons sentuhan yang cepat. Di bagian atas layar, Anda memiliki kamera selfie lubang kecil berukuran 20MP.

Desain Unik Poco X3


Dari segi desain, di sinilah Poco X3 baru menonjol dari yang lain.

Ini memiliki desain 'Go-faster' baru di bagian belakang yang menampilkan modul kamera persegi panjang besar yang menampung kamera quad. Di bagian bawah, Anda memiliki branding 'Poco' besar yang menghasilkan efek 'rainbox' saat lampu dari berbagai sudut menyerangnya.

Di sisi kanan, Anda memiliki tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

2. Prosesor dan Konektivitas

Tidak seperti Poco X2, Poco X3 baru ditenagai oleh chipset Snapdragon 732G. Ini menjadi smartphone pertama di dunia yang hadir dengan prosesor baru ini.

Dibandingkan dengan Snapdragon 730G, Anda akan mendapatkan sedikit peningkatan sekitar 10% dalam kinerja keseluruhan. Poco mengklaim bahwa prosesor baru ini telah mencetak lebih dari 3 00.000 poin dalam skor benchmark AnTuTu.

Untuk sesi permainan tanpa gangguan dan untuk mencegah panas berlebih, ia memiliki pipa panas LiquidCool dan grafit multi-layer yang dapat menurunkan suhu hingga 6 derajat Celcius.

Smartphone ini memiliki hampir semua fitur konektivitas, seperti Bluetooth, sensor akselerasi, giroskop, sensor cahaya sekitar, sensor jarak, dan kompas elektronik.

Ini kompatibel dengan OTG, yang berarti Anda dapat mentransfer file ke dan dari USB flash drive langsung dari smartphone melalui kabel. Dibandingkan dengan pendahulunya, Poco X3 baru juga menghadirkan speaker stereo ganda, yang seharusnya cukup baik.

Pengaturan Quad-camera di Belakang dan Satu Selfie Snapper


3. Kamera

Hingga saat ini, Poco X2 bisa dibilang dikenal sebagai smartphone kamera terbaik di bawah Rp 3.000.000. Apakah itu melanjutkan warisan dengan Poco X3 baru? Yah, hanya waktu yang akan menjawab. Namun dalam hal perangkat keras, kamera Poco X3 juga terlihat bagus.

Ini menampilkan susunan quad-camera dengan sensor Sony IMX682 64MP (f/1.8), sudut ultra lebar 13MP, dan sensor makro dan kedalaman 2MP. Ini memiliki beberapa fitur dan filter keren, termasuk AI Skyscape 3.0, Filter AI, dll.

Smartphone ini mendukung perekaman video hingga 4k dengan dukungan EIS. Susunan kamera juga memiliki lampu kilat LED, jika Anda membutuhkannya.

4. Baterai dan Pengisian Daya

Varian Poco X3 memiliki sedikit peningkatan dalam ukuran baterai dibandingkan dengan versi global. Poco X3 didukung oleh baterai 6.000mAh yang sangat besar, bukan 5.160mAh dalam varian global.

Namun, kecepatan dan teknologi pengisian daya tetap sama dengan pengisian cepat 33W yang disertakan dalam kemasan adaptor 33W.

Sesuai perusahaan, itu harus mengisi daya smartphone dari 0-100 dalam waktu sekitar satu jam. Tetapi mengingat baterai yang sangat besar, itu harus memakan waktu sedikit lebih tinggi dari yang diklaim.

Pendapat Saya tentang Poco X3


Poco X3: Lembar Spesifikasi

  • Layar: LCD FHD+ IPS 6,67 inci dengan kecepatan refresh 120Hz, HDR10, Gorilla Glass 5
  • Penyimpanan: 6/64GB | 6/128 GB | 8/128 GB, dapat diperluas melalui kartu microSD, SIM Hibrida
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 732G (8 nm), kecepatan clock hingga 2.3GHz, Adreno 618
  • Kamera:
  • Belakang: Quad-camera, 64MP (f/1.8) + 13MP ultra-wide 119-degree FOV + 2MP macro (f/2.4) + 2MP depth sensor (f/2.4), LED flash, hingga perekaman video 4k pada 30fps.
  • Depan: Kamera selfie punch-hole 20MP (f/2.1) di tengah atas
  • Perangkat Lunak: MIUI 12 berdasarkan Android 10 out-of-the-box
  • Konektivitas: Bluetooth, Wi-Fi, kompatibel dengan OTG, Dual VoLTE
  • Sensor: Akselerasi, giroskop, kompas elektronik, sidik jari (dipasang di samping), kedekatan, cahaya sekitar
  • Baterai dan Pengisian Daya: Kapasitas 6.000 mAh dengan pengisian cepat 33W
  • Warna: Biru Kobalt, Abu-abu Bayangan

Kompetisi Poco X3 dan Pikiran Saya

Poco X3 baru dibanderol mulai dari Rp 2.889.000 untuk varian 6/64GB. Varian penyimpanan 6/128GB dan 8/128GB masing-masing dihargai Rp 3.229.000.

Poco X3 dibanderol cukup agresif, melihat ketatnya persaingan di segmen mid-range atas. Adapun penyelesaiannya, itu akan bermain sebagai saingan langsung ke smartphone seperti Realme 7, 7 Pro, Samsung M31s, dan Realme Narzo 20 Pro yang baru diluncurkan.

Namun, menurut pendapat pribadi saya, semua smartphone ini akan gagal dalam satu atau lebih segmen. Poco X3 hadir dengan rating IP53 splash and dust resistant yang tidak dimiliki smartphone di segmen harga ini.

Selanjutnya, dalam hal baterai dan pengisian daya, tidak ada pilihan yang lebih baik dari Poco X3. Meskipun Realme 7 Pro dan Narzo 20 Pro hadir dengan pengisian SuperDart 65W super cepat tetapi hanya membatasi baterai masing-masing hingga 4.500mAh dan 5.000mAh.

Poco X3 baru juga sedikit lebih unggul dari semua smartphone ini dalam hal kinerja karena ini adalah smartphone pertama di dunia dengan Snapdragon 732G, yang merupakan versi 730G yang lebih kencang.

Secara keseluruhan, Poco X3 baru tampaknya merupakan paket yang lengkap. Namun, akan menarik untuk melihat bagaimana perbandingannya dengan smartphone ini dalam hal kamera dan kinerja secara keseluruhan.

Comments


EmoticonEmoticon